Tupoksi
tupoksi

By Dukcapil 15 Jan 2021, 10:55:37 WIB piakpemanfaatandata

Tugas Fungsi dan Struktur Organisasi

2.1.1    Tugas Pokok

      Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal mempunyai tugas pokok membantu walikota melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan dibidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Baca Lainnya :

2.1.2    Fungsi

      Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana tugas pokok diatas maka dinas kependudukan dan pencatatansipil mempunyai fungsi:

1)    Perumusan kebijakan teknis bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

2)    Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

3)    Pembinaan dan fasilitasi bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

4)    Pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

5)    Pemantauan, evaluasi dan pelaporan bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

6)    Pelaksanaan kesekretariatan dinas;

7)    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai tugas dan fungsi.

 

 

 

 

          Adapun  tugas  pokok,  fungsi  dan  uraian  tugas  unsur-unsur organisasi dinas kependudukan dan pencatatan sipil  mempunyai tugassebagai berikut :

a)     Sektretariat :

Tugas Pokok :

Sekretariat mempunyai tugas perumusan rencana dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan di bidang program, keuangan, umum dan kepegawaian, meliputi pembinaan ketatausahaan, hukum, keuangan, pengelolaan barang milik daerah, kerumahtanggaan, kerjasama, kearsipan, dokumen, keorganisasian dan ketatalaksanaan, kehumasan, kepegawaian, pelayanan administrasi di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Fungsi :

Untuk menjabarkan Tugas Pokok diatas maka Sekretariat mempunyai Fungsi sebagai berikut :

1.    Penggoordinasian kegiatan di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

2.    Pengoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

3.    Pembinaan dan pemberi dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, hukum, keuangan, kerumahtanggaan, lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

4.    Pengoordinasian, pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

5.    Pengoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan serta pelaksanaan advokasi hukum di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

6.    Pengoordinasian pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan dan pengeolaan informasi dan dokumentasi

7.    Penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

8.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya

9.    Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya

 

 

b)   Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk

Tugas Pokok :

Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk mempunyai tugas perumusan rencana dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan di bidang identitas penduduk, dan pindah datang dan pendataan penduduk, meliputi : penyelenggaraan pelayanan dan penerbitan biodata, nomor induk kependudukan, kartu keluarga, kartu tanda penduduk elektronik dan kartu identitas anak, serta penyelengaraan pelayanan pindah datang dan pendataan penduduk.

 

Fungsi :

Untuk menjabarkan Tugas Pokok diatas maka Bidang Pendaftaran Penduduk mempunyai Fungsi sebagai berikut :

1.    Penyusunan perencanaan pelayanan pendaftaran penduduk

  1. 2.    Penyusunan perumusan kebijakan teknis pendaftaran penduduk
  2. 3.    Pelaksananan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk
  3. 4.    Pelaksanaaan pelayanan pendaftaran penduduk
  4. 5.    Pelaksanaan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk
  5. 6.    Pelaksanaan pendokumentasiaan hasil pelayanan pendaftaran penduduk
  6. 7.    Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pendaftaran penduduk

8.    Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya

 

c)    Bidang Administrasi Kependudukan

Tugas Pokok :

Bidang Administrasi Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang pengelolaan sistem informasi administrasi, evaluasi dan pelaporan kependudukan.

 

Fungsi :

Untuk menjabarkan Tugas Pokok diatas maka Bidang Administrasi kependudukan mempunyai Fungsi sebagai berikut :

1)    Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang kebijakan, sosialisasi dan penyelenggaraan pengelolaan sistem informasi, evaluasi dan pelaporan administrasi kependudukan;

2)    Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang pemantauan dan evaluasi, pembinaan SDM serta pengawasan pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan;

3)    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsi.

 

d)   Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil

Tugas Pokok :

Bidang Pencatatan Sipil mempunyai tugas perumusan rencana dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, eva;uasi serta pelaporan di bidang kelahiran dan kematian, dan perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan pewarganegaraan, meliputi : pelayanan penerbitan dokumen hasil pencatatan kelahiran, kematian, lahir mati dan perubahan nama, pelayanan penerbitan dokumen hasil pencatatan perkawinan, perceraian, pengangkatan anak, pengakuan anak, pengesahan anak, pembatalan perkawinan, pembatalan perceraian, perubahan status kewarganegaraan, pelayanan penerbitan kutipan kedua, dan pembatalan akta pencatatan sipil.

 

 

 

 

Fungsi :

Untuk menjabarkan Tugas Pokok diatas maka Bidang Pencatatan Sipil mempunyai fungsi sebagai berikut :

1.    Penyusunan perencanaan pelayanan pencatatan sipil

  1. 2.    Perumusan kebijakan teknis pencatatan sipil
  2. 3.    Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil
  3. 4.    Pelaksanaan pelayanan, penerbitan dokumen dan pendokumentasian pelayanan pencatatan sipil
  4. 5.    Penyelenggaraan upaya pemecahan masalah dan solusinya berkaitan dengan pelayananan pencatatan sipil

6.    Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pencatatan sipil

7.    Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang memberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment