Rapat Persiapan Penilaian dan Evaluasi Pelayanan Publik oleh Kemenpan RB
Rapat mempersiapkan Penilaian dan Evaluasi Pelayanan Publik tahunan yang akan dilaksanakan oleh Kemenpan RB

By Dukcapil 15 Okt 2020, 14:50:43 WIB berita kependudukan
Rapat Persiapan Penilaian dan Evaluasi Pelayanan Publik oleh Kemenpan RB

            Tegal - Pada hari Rabu, 14 Oktober 2020 tepatnya pukul 10:00 WIB Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal telah dilaksanakan rapat untuk membahas mengenai “Persiapan Penilaian Evaluasi Pelayanan Publik oleh Kemenpan RB” yang bertempat di Ruang Rapat lantai 2 Disdukcapil Kota Tegal.  Dalam kegiatan rapat kali ini dihadiri oleh Pejabat Stuktural dan Pejabat Fungsional, serta Operator TPDK (Tempat Perekaman Data Kependudukan) Kecamatan se Kota Tegal.


Baca Lainnya :

            Diadakannya rapat ini dalam rangka untuk mempersiapkan penilaian dan evaluasi pelayanan publik yang akan dilaksanakan oleh Kemenpan RB di Disdukcapil Kota Tegal, penilaian evaluasi ini mengacu pada amanat UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, sementara pemantauan dan penilaian mengacu pada Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

            Penilaian dan Evaluasi Pelayanan Publik yang diadakan tiap tahunnya ini memiliki 6 aspek penilaian dengan bobot yang berbeda-beda, yaitu Kebijakan Pelayanan Publik memiliki bobot 30%, Profesionalisme Sumber Daya Manusia berbobot 18%, Sarana Dan Prasarana 15%, Sistem Informasi Pelayanan Publik 15%, Mekanisme Konsultasi Dan Pengaduan 15% serta Inovasi Pelayanan Publik berbobot 7%. Pada aspek Kebijakan Pelayanan Publik harus meliputi standar pelayanan yang harus disusun melibatkan masyarakat dan dipublikasikan, maklumat pelayanan, dan survey standar kepuasaan masyarakat.


            Pada tahun sebelumnya Disdukcapil mendapat nilai B (Baik) dalam penilaian dan evaluasi pelayanan publik, sehingga pada tahun 2020 ini Disdukcapil memiliki target untuk mendapatkan nilai A (Sangat Baik). Target tersebut juga diimbangi dengan berbagai inovasi-inovasi pelayanan publik yang ada Disdukcapil, terutama Pelayanan Publik dalam bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil baik pelayanan secara langsung maupun online. Misal inovasi melalui aplikasi Jakwir Cetem, dengan berbagai fitur yang memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan (antrean online, update data, pembuatan KIA, dll). Dengan adanya berbagai inovasi tersebut, diharapkan Disdukcapil dapat memperoleh nilai A ( Sangat Baik) dalam Penilaian dan Evaluasi Pelayanan Publik yang akan dilakukan oleh Kemenpan RB.   




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment